Senin, 22 Agustus 2016

RUKUN ISLAM DAN PENJELASANNYA


 

 

Pengertian 5 Rukun Islam dan Penjelasannya Lengkap

Tuesday, October 27th 2015. | Islam
Advertisements
Pengertian Rukun Islam – seseorang muslim atau muslimah atau seorang yang sudah memeluk agama Islam pastinya telah mengetahui berkenaan makna Rukun Islam dan penjelasannya dikarenakan Rukun Islam ini dapat dikatakan yakni faktor – faktor wajib yang harus di jalankan oleh seorang muslim atau pemeluk agama Islam. Pengertian Rukun Islam sendiri dengan cara bahasa yaitu ta’at dan dengan cara hukum syar’a yaitu ta’at kepada hukum – hukum Allah SWT. Setelah Itu adapun Rukun Islam yang wajib & mesti kita lakukan yang merupakan seseorang Muslim (Pemeluk Agama Islam) antara lain juga sebagai berikut :

5 Macam Rukun Islam

1. Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat
2. Mendirikan atau Mengerjakan Shalat
3. Membayar Zakat
4. Berpuasa Ramadhan
5. Pergi Haji




Penjelasan dan Pengertian 5 Rukun Islam

1. Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat
Rukun Islam yang pertama kali mesti / wajib dilakukan bagi seorang yang bakal masuk agama Islam yaitu mengucapkan 2 kalimat Syahadat yang memiliki pengertian “ Meyakinkan tak ada tuhan yang terkecuali di sembah di dunia ini kecuali Allah SWT dan Sesungguhnya Nabi Muhammad Saw adalah utusan Allah. S.W.T. Lafal Syahadat mampu kamu saksikan di bawah ini beserta artinya.
Lafal Syahadat arab latin dan artinya
2. Mendirikan Shalat
Rukun Islam ke Dua yang mesti kita melakukan yakni mendirikan / menunaikan / lakukan Shalat, adapun jenis Shalat yang mesti / wajib dilakukan oleh seseorang muslim ialah 5 Shalat Wajib yang antara lain Shalat Subuh, Shalat Dhuhur, Shalat Asyar, Shalat Maghrib & Shalat Isya. Kelima Shalat Wajib tersebut mesti dilaksanakan dan didirikan oleh seluruh seseorang Muslim ataupun Muslimah dikarenakan Shalat yakni ibadah badan nyata yang paling unggul mengalahkan ibadah yang lainnya seperti puasa, ibadah haji, zakat, shalat sunah dll sebagainya.
3. Membayar Zakat
Rukun Islam yang ke tiga yang mesti kita melakukan adalah membayar Zakat & adapun dari ibnu Umar Radhiyallahu anhuma, dirinya mengemukakan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda
“ Islam didirikan di atas 5 dasar ialah bersaksi bahwasanya tak ada tuhan yang berhak di ibadahi (disembah) dengan benar selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, Mendirikan / Melakukan Shalat, Mengeluarkan / Membayar Zakat, Berhaji ke Baitulloh & Berpuasa pada bulan Ramadhan.”
Adapun di dalam Agama Islam memajibkan kita juga sebagai muslim dalam membayar zakat kepada orang yang mempunyai wewenang menerima zakat (Mustahiq) & mustahiq zakat sendiri itu ada delapan kriteria orang yang antara lain :
a. Orang Fakir adalah orang yang tidak memiliki harga dan serta tugas buat memenuhi keperluan sehari – hari.
b. Orang Miskin merupakan yang memiliki harta dan Tugas namun tak menutupi kebutuhannya sehari – hari.
c. Amil ialah orang yang bertugas buat mengurus, menulis dan membagikan zakat pd orang2 Mustahiq
d. Muallaf merupakan orang yang baru masuk islam
e. Riqob ialah hamba sahaya atau budak beli’an
f. Ghorim ialah orang yang terbelit hutang baik yang tak bisa untuk membayarkannya
g. Sabilillah adalah orang yang berjuang dalam berjihad di jalan Allah S.W.T
h. Ibnu Sabil ialah orang yang bepergian jauh yang perbekalannya tak lumayan hingga ketempat maksud
4. Menunaikan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan
Berpuasa di bulan Ramadhan yakni rukun islam yang keempat, memang lah Berpuasa sendiri mampu dilakukan di hari – hari yang lain seperti Puasa di hari senin & kamis dll. Namun yang dimaksud di dalam Rukun Islam ke empat ini adalah diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan, terhadap bulan Syaban tahun ke-2 setelah Nabi Muhammad Saw lakukan hijrah & Puasa sendiri memiliki 3 tingkatan yang antara lain yang merupakan berikut :
  • Puasa Umum adalah Puasa yang cuma menahan lapar, haus dan nafsu birahi
  • Puasa Khusus yakni Puasa yang menjaga semua anggota tubuh baik mata, bibir, kuping dari aksi maksiat atau dosa
  • Puasa yang lebih khusus yakni puasa yang meyakinkan hatinya kepada urusan akhirat & menginginkan ridho Allah. SWT semata
5. Ibadah Haji bagi yang sanggup
Seterusnya Rukun Islam yang terakhir atau kelima merupakan menunaikan haji jikalau sanggup ke Makkah ( Arab Saudi ). Pengertian ibadah haji sendiri adalah wujud ritual tiap-tiap tahun yang dilaksanakan kamus Muslim / Muslimah sedunia yang sanggup baik material, fisik ataupun ilmu dengan berkunjung dan jalankan sekian banyak aktivitas haji di sekian banyak ruang di Arab Saudi pad aketika periode haji (Masa Zulhijah).

BACA JUGA :
1. ARTI DAN MAKNA SYAHADAT
2. SHOLAT DAN PENJELASANNYA
3. ZAKAT DAN PENJELASANNYA
4. PUASA DAN PENJELASANNYA
5. IBADAH HAJI DAN PENJELASANNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar